6 Pesawat Militer Asing Angkut 103 Ton Bantuan untuk Korban Bencana Sulteng

(foto: BNPB)

MEDANSATU.COM, Palu – Sebanyak 103 ton bantuan untuk korban gempa dan tsunami Sulteng diangkut 6 pesawat Hercules. Bantuan tersebut diangkut dari Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman di Balikpapan ke Bandar Udara Mutiara Al-Jufri di Kota Palu.

“Enam pesawat tersebut merupakan dukungan transportasi dari Pemerintah Amerika Serikat (AS), Australia, Kanada, Korea, Jepang, dan Singapura,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan tertulis yang diterima medansatu.com, Jumat (19/10/2018).

Sebanyak 64 sorti penerbangan dengan menggunakan pesawat angkut militer membawa bantuan dari Balikpapan sebagai entry point menuju Palu. “Pesawat jenis C-130 Hercules tersebut mengangkut bantuan dari dalam dan luar negeri berupa bantuan pangan dan non pangan,” sebutnya.

(foto: BNPB)

Bantuan pangan yang dibongkar muat tersebut berupa air mineral, mie instan, biskuit, makanan bayi, minyak goreng dan beras. Sedangkan non pangan didominasi tenda. Selain itu, pesawat juga menurunkan 1 unit forklift yang digunakan untuk mengangkut barang yang diturunkan dari pesawat.

BNPB melaporkan bantuan yang belum terkirim per 17 Oktober 2018 terdiri dari 32 unit genset dari China sebanyak 32 unit (3,46 ton) dan tenda Alpinter dari UNICEF sebanyak 42 set (14,49 ton).

Loading...
loading...
Loading...
Loading...