Gunung ES Raksasa dengan Bentuk Segiempat Hebohkan Ilmuwan NASA

(foto: NASA/bbc magazine)

MEDANSATU.COM – Gunung es berbentuk segi empat bikin heboh ilmuwan NASA. Badan antariksa AS tersebut merilis foto-foto gunung es tak bisa tersebut yang ditemukan di Kutub Selatan, atau Benua Antartika.

Ilmuwan NASA pun merasa heran, karena permukaan gunung es raksasa tersebut sangat datar. Hal itu diduga karena gunung tersebut baru saja pecah dari sebuah tebing es.

Bahkan, di setiap ujungnya masih runcing dan presisi, belum tergerus oleh hempasan gelombang laut. Foto tersebut diambil pada pekan lalu oleh para ilmuwan di pesawat penelitian NASA.

Namun objek-objek semacam itu ternyata tak juga terlalu langka ataupun asing. Benda sejenis itu sudah ada namanya, disebut gunung es tabular, tabular icebergs.

Melansir BBC Magazine, Kamis (25/10/2018), bongkahan-bongkahan es tersebut datar dan panjang, terbentuk setelah memisahkan diri dari gugusan es.

Kelly Brunt, ahli glasiologi NASA sekaligus peneliti Universitas Maryland, AS, mengatakan proses pembentukannya hampir mirip dengan kuku yang tumbuh terlalu panjang lalu retak di bagian ujungnya.

Ia mengatakan bongkahan-bongkahan es itu sering berbentuk geometris. “Hal yang membuat temuan ini tak biasa karena bentuknya yang persis segi empat atau seperti persegi panjang,” tambahnya.

Bongkahan es ini berasal dari lempengan es Larsen C yang runtuh di Semenanjung Antartika. Tapi dari foto itu sulit untuk mengetahui berapa ukuran es tersebut, kendati para ahli memperkirakan panjangnya mungkin lebih dari 1,6 kilometer.

Dan, seperti halnya gunung es, bagian yang terlihat di permukaan biasanya hanya terdiri dari sebagian kecil dari besarnya benda tersebut, mungkin hanya sekitar 10% saja dari ukuran sebenarnya. Sisanya, sebanyak 90%, terendam di bawah air. (*/medansatu.com/detik.com)

(sumber: bbc magazine)

Loading...
loading...
Loading...
Loading...