Viral, Video Penumpang Protes Bau Durian ‘3 Ton’ di Pesawat, Ini Penjelasan Sriwijaya Air

Loading...
Petugas menurunkan durian yang diprotes penumpang dari bagasi pesawat. (foto: facebook)

MEDANSATU.COM, Bengkulu – Video protes penumpang Sriwijaya Air SJ091 rute Bengkulu-Jakarta karena pesawat membawa durian dalam jumlah banyak, viral, Selasa (6/11/2018).

Karena bau menyengat ‘si Raja Buah’ dari bagasi, seluruh penumpang kompak tak mau terbang sebelum durian dikeluarkan dari bagasi pesawat.

Video viral ini diunggah oleh pemilik akun Facebook Amir Zidane, Senin (5/11/2018). Ada tiga video yang diunggahnya dalam insiden yang mengakibatkan penerbangan sempat tertunda.

Dalam caption video tersebut, Amir Zidane sempat menuliskan aksi protesnya dan jawaban awak kabin terkait bau durian yang meresahkan penumpang tersebut.

Amir Zidane mengatakan, berdasarkan keterangan awak kabin, saat itu ada 3 ton durian di kabin pesawat. Postingan Amir Zidane langsung viral. Hingga hari ini video tersebut telah dilihat 872.568 kali dan dibagikan 11.769 kali dengan 3.000 komentar netizen.

Benarkah pesawat Sriwijaya Air membawa durian sebanyak 3 ton? Melansir detik.com, Senior Manager Corporate Communications Sriwijaya Air Group Retri Maya menyebut pengangkutan durian ke bagasi pesawat itu tidak menyalahi aturan. Dia menyebut pengemasannya juga sudah sesuai dengan SOP.

“Mengangkut durian dalam penerbangan itu merupakan hal yang biasa dilakukan oleh setiap maskapai sejauh dikemas dengan baik dan masuk ke dalam kargo sesuai dengan SOP,” katanya.

Setelah diturunkan, durian yang diprotes itu akhirnya dibawa menggunakan maskapai lain. Maya membantah pesawat mengangkut 3 ton durian. “Perlu diketahui bahwa kurang-lebih 3 ton adalah jumlah total berat bagasi dan kargo di mana di dalamnya ada durian tersebut,” ungkapnya.

Maya memastikan faktor keselamatan penerbangan tetap diperhatikan. “Sesuai arahan dan kebijakan perusahaan, Sriwijaya Air tidak akan menerbangkan pesawat, apabila pesawat tersebut tidak layak dan membahayakan seluruh penumpang dan kru,” terangnya. (*/medansatu.com/facebook/amir zidane/detik.com)

Loading...
loading...
Loading...
Loading...