Jangan Remehkan Batuk, Kenali Gejala Kanker Paru-paru Sebelum Terlambat

Loading...
(ilustrasi/ist)

MEDANSATU.COM – Banyak orang yang meremehkan batuk. Padahal banyak penyakit berbahaya yang diawali dengan gejala batuk. Apalagi bila batuk berkepanjangan, itu bisa jadi gejala kanker paru-paru.

“Kalau batuk selama 4 minggu tidak sembuh-sembuh, ada indikasi infeksi atau TBC. Kalau 8 minggu tidak sembuh-sembuh, bisa jadi ada keganasan. Jadi, harus diperiksakan. Jangan hanya konsumsi obat warung,” ujar Pulmonologist, Alex Ginting, seperti dilansir dream.co.id, Kamis (29/11/2018).

Pemeriksaan ini juga mencegah keterlambatan penanganan. Apalagi, jika diketahui pasien telah memasuki stadium akhir. “Hampir seluruh pasien yang datang ke rumah sakit sudah berada di stadium 3B hingga 4,” katanya.

Gejala Kanker paru-paru

Selain batuk yang tidak sembuh-sembuh. Gejala lainnya pun tidak khas, seperti sesak napas, nyeri dada, kelelahan tanpa sebab jelas, pembengkakan di muka maupun leher, sakit kepala serta tulang, berat badan menurun, suara serak, sulit menelan, dan ujung jari menjadi cembung.

Pentingnya mengenali gejala dan penanganan dini bukan hanya untuk mencegah parahnya penyakit, tapi juga mengetahui metode penyembuhan paling tepat.

Loading...
loading...
Loading...
Loading...