VIDEO: Terungkap, Egianus Kogoya Ternyata Anak Gembong KKB Papua yang Ditumpas Prabowo…

Loading...
Egianus Kogoya (kiri), Prabowo Subianto saat menjabat Danjen Kopassus. (foto: olahan/istimewa)

MEDANSATU.COM, Jakarta – Terungkap, ternyata gembong pemberontak Papua, Egianus Kogoya, adalah putra pentolan Organisasi Papua Merdeka (OPM), Daniel Yudas Kogoya, yang pernah diburu Prabowo Subianto saat masih menjabat sebagai Danjen Kopassus.

Egianus Kogoya dan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinannya merupakan pihak yang bertanggung jawab terhadap pembantaian 19 orang pekerja proyek Trans Papua di Distrik Yigi, Nduga, Papua, awal bulan ini. Mereka juga menyerang Pos TNI di Mbua yang mengakibatkan gugurnya seorang personel TNI.

Melansir suar.grid.com, Senin (17/12/2018), Daniel Yudas Kogoya, telah meninggal dua tahun lalu. Kepemimpinannya di Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) digantikan anaknya, Egianus Kogoya, sebagai Pangkodap (Panglima Komando Daerah Pertahanan) wilayah Nduga. Egianus mengklaim diri berpangkat sebagai Brigjen.

Disebutkan, Daniel Yudas Kogoya, pernah menculik 26 Tim Ekspedisi Lorentz pada 8 Januari 1996. Misi penyelamatan dilakukan Kopassus dan dipimpin langsung Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus saat itu, Mayjen TNI Prabowo.

Daniel Yudas Kogoya berpindah-pindah tempat dan mengirim pesan tuntutan ke pemerintah. Daniel Yudas dan Komadan OPM kala itu, Kelly Kwalik, berusaha menukar 12 sandera dengan kemerdekaan Papua.

Dikutip dari web ICRC (International Committee of the Red Cross), lembaga kemanusiaan itu diizinkan Kelly Kwalik untuk masuk. Awalnya Kwalik menyambut dengan baik hingga detik-detik pelepasan sandera, ICRC dilumpuhkan oleh OPM.

Prabowo kembali alih komando dan operasi tersebut berakhir pada Mei 1996. Dua sandera tewas dibacok oleh OPM dan 9 anggota OPM tewas dalam operasi. Dari sebuah wawancara Prabowo yang diunggah akun YouTube ASEP ZEBE, dua anggota OPM yang masih hidup dimintai keterangan untuk memburu otak OPM Daniel Yudas Kogoya dan Kelly Kwalik. INI VIDEONYA:

Baca juga
Terbaru dari Korban KKB Papua: 1 Jenazah Luka Bacok di Leher, 3 Selamat...

(*/medansatu.com/suar.grid.com/youtube)

Loading...
loading...
Loading...
Loading...