Indonesia Diramal Akan Punah oleh Ilmuwan Yahudi, Ini Penjelasannya…

Loading...
Jared Mason Diamond. (foto: thefamouspeople.com)

MEDANSATU.COM, Jakarta – Pernyataan Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto yang menyebut ‘negara bisa musnah’ bikin suhu politik tanah air kembali memanas. Prabowo menyebutkan hal itu dalam pidato di hadapan kadernya.

Terlepas dari gonjang-ganjing politik terkait pernyataan Prabowo tersebut, rupanya Indonesia pernah diramalkan bakal musnah atau runtuh. Hal itu diramalkan ilmuwan Israel pemenang penghargaan Pulitzer, Jared Mason Diamond.

“Ada beberapa peradaban yang sudah runtuh (collapse), seperti Somalia dan Rwanda dan bekas Yugoslavia. Ada juga peradaban yang mungkin dekat dengan keruntuhan, seperti Nepal, Indonesia, dan Kolombia,” kata Jared dalam acara pada Februari 2003, seperti dilihat di situs TED, Selasa (18/12/2018).

Jared menyampaikan pemikirannya itu dalam waktu sekitar 15 menit dalam bahasa Inggris. Pada situs tersebut juga dilampirkan transkrip resmi dalam 30 bahasa, salah satunya bahasa Indonesia.

Dia hanya sekali menyebut kata ‘Indonesia’ dalam kesempatan itu. Lebih lanjut Jared menceritakan penyebab keruntuhan sebuah peradaban.

“Bila seseorang mengatakan pada Anda bahwa penjelasan keruntuhan peradaban itu faktor tunggal, Anda segera tahu bahwa mereka adalah idiot. Ini adalah hal yang kompleks,” ujar Jared, yang meraih penghargaan berkat bukunya yang berjudul ‘Guns, Germs, and Steels: The Fates of Human Societies’ pada 1998.

Jared merupakan pria kelahiran Boston, Massachusetts, Amerika Serikat (AS). Dia adalah anak dari keluarga Yahudi asal Eropa Timur.

Loading...
loading...
Loading...
Loading...