Datang ke Medan, Benrkam Pakpahan dan Karyadi Simbolon Disergap TNI, Ini Sebabnya…

Loading...
Kedua pelaku saat diserahkan ke Polsek Medan Baru. (foto: Pendam I/BB)

MEDANSATU.COM, Medan – Dua pemuda ini tak berkutik saat disergap dua personel TNI di Jalan S Parman, Medan. Keduanya hanya bisa pasrah saat digelandang ke komando.

Keduanya adalah Nanonton Benrkam Pakpahan (21), warga Jalan Sibolga Sihobuk, Tarutung, Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara (Sumut). Dan, Karyadi Simbolon (26), warga Kampung Sinjang Karsa, Depok, kelahiran Silangit, Taput.

Keterangan tertulis yang diterima medansatu.com, Jumat (11/1/2019), keduanya ditangkap dua personel Babinsa Koramil 05/Medan Baru-Kodim 0201/BS Serka Momon dan Serma Agus Rika Pasaribu.

Dari tangan keduanya diamankan barang bukti narkotika jenis ganja seberat kurang lebih 1 Kg. Kedua pemuda itu disergap karena gerak-geriknya mencurigakan saat membawa kotak kardus dengan tulisan Bolu Meranti.

Saat dihentikan dan diperiksa, ditemukanlah ganja kering siap edar asal Aceh yang akan dibawa ke luar Kota Medan. Setelah diperiksa, kedua pelaku dan barang bukti diserahkan ke Polsek Medan Baru.

“Salah satu pelaku sempat kabur saat dibawa ke Polsek Medan Baru, namun berhasil kita tangkap kembali. Saat ini kedua pelaku sudah kita serahkan ke Polsek Medan Baru untuk diproses hukum,” ucap Serka Momon.

Atas keberhasilan pengungkapan pengedar narkotika ini, Panglima Kodam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI MS Fadhilah, memberikan apresiasi. Melalui Kapendam, Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga SSos, Pangdam memerintahkan seluruh Bintara Pembina Desa (Babinsa) di jajaran Kodam I/Bukit Barisan untuk ikut memerangi peredaran gelap narkoba di wilayah teritorialnya masing-masing.

Kolonel Sinaga menjelaskan, Babinsa sebagai aparat komando kewilayahan yang keberadaannya bersentuhan langsung dengan warga masyarakat, memiliki peran dan fungsi strategis sebagai mata dan telinga bagi institusi TNI dalam menciptakan keamanan dan kondusifitas di wilayah.

“Apalagi dikaitkan dengan peredaran narkotika yang saat ini sudah semakin banyak cara dan modusnya. Karena itu, peran dan fungsi Babinsa yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, dipastikan akan sangat bermanfaat untuk menekan peredaran gelap dari narkotika itu sendiri,” tegasnya. (medansatu.com/hendrix)

Loading...
loading...
Loading...