Taput 2 Kali Diguncang Gempa Bumi, 5,0 SR dan 3,8 SR…

Loading...
(foto: bmkg)

MEDANSATU.COM, Taput – Gempa susulan kembali menguncang Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara (Sumut), Selasa (15/1/2019).

Gempa kedua hari ini terjadi pukul 11.46 WIB. Kekuatan gempa 3,8 Skala Richter (SR) pada kedalaman 6 Km.

Informasi yang dari Pusdalop BPBD Medan, gempa terjadi pada episenter 1.87 LU dan 99.22 BT 23 km arah Tenggara Kota Tarutung, Taput.

Sebelumnya, gempa pertama berkekuatan 5,0 Skala Richter (SR) pada koordinat 1,77 LU dan 99,09 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 31 km arah tenggara Kota Tarutung, pada kedalaman 10 km.

Terkait gempa Taput, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono ST Dipl Seis Msc, telah memberikan penjelasan dalam siaran persnya.

Rahmat mengatakan, gempabumi yang terjadi di Kabupaten Taput ini, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, merupakan jenis gempabumi tektonik kerak dangkal (shallow crustal earthquake) yang terjadi akibat aktivitas Zona Sesar Sumatera (Sumatera Fault Zone) pada segmen Toru.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis mendatar (strike-slip fault),” terangnya.

Menurutnya, guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Tarutung dan Sipahutar IV MMI, Porsea II-III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. “Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami,” tambahnya.
(medansatu.com/hendrix)

Loading...
loading...
Loading...
Loading...