Abu Sinabung Capai Kuala Namu, Maskapai Diimbau Amankan Engine Pesawat

(medansatu.com/suheri)

MEDANSATU.COM, Deliserdang – Letusan Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), yang terjadi sebanyak 29 kali dini hari tadi, Rabu (17/6/2015), membuat abu vulkanik tersebar ke beberapa wilayah di Sumut.

Di antaranya ke Bandara Kuala Namu International Airport (KNIA) di Kabupaten Deliserdang yang berjarak hampir 100 Km. Abu vulkanik terbang mengikuti arah angin ke arah tenggara. Meski abu tipis terlihat turun di bandara sejak pagi tadi, namun belum mengganggu jadwal penerbangan. “Lihat, ada turun (abu), masih tipis,” kata Manager Humas dan Protokoler Bandara KNIA, Dewandono Prasetyo.

Menurutnya, abu vulkanik itu belum berdampak bagi penerbngan. Jarak pandang masih normal, antara 4.500 hingga 5.000 meter. “Kalau sampai tebal turunnya, runway akan rutin kita bersihkan,” sebutnya.

Dewandono juga mengaku pihaknya telah mengimbau seluruh maskapai agar mewaspadai partikel debu agar tak masuk ke engine pesawat. “Imbauan kita sampaikan agar tidak terjadi hal-hal negatif yang tidak kita inginkan,” tambahnya. (msc)

Loading...
loading...
Loading...
Loading...